Rabu, 25 Mei 2011

PROFIL RACANA STMIK SZ NW ANJANI




 




PROFIL RACANA
Gerakan pramuka adalah salah satu perkumpulan yang memilki andil besar dalam hal pembinaan mental dan karaktristik insan pendidikan indonesia menjadi yang lebih bak. Peran pramuka di indonesia ini tidak bisa dinafikan karena sudah mampu mencetak para kader-kader yang inovatif, kreatif, dan militan. Ini disebabkan karena sitem pembinaan dan endidikan yang diterapkan sangat tepat dan mengenai sasaran. Bayangkan sajadalam gerakan pramuka diterapkan sitem tingkat dan golongan, sehingga memudahkan dalam memberikan pembinaan dan pendidikan sesuai dengan kemampuan yang dimilki pada setiap tingkatnya. Ada beberapa tingkatan dalam anggota pramuka,salah satunya adalah racana pandega. Racana dalam arti bahasanya adalah tonggak. Adapun dari sekian banyak racana yang ada dinegeri kita ini adalah  Racana Putra Selaparang-Putri Rinjani ( RPSPR ) gugus depan pontren syaik zainuddin nw anjani lombok timur NTB GUDEP 457-458, yang berpangkalan di kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW anjani LOTIM merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Gerakan Pramuka.
Oleh karena itu, RPSPR  melakukan rekonstruksi dari tahun ke tahun untuk menjawab eksistensi Racana dalam struktur dan lingkungan Gerakan Pramuka. Suatu hal yang wajar dan lumrah apabila tafsir dari sekelumit pedoman yang ada terlihat berbeda dengan racana-racana yang lain. Hal ini merupakan dinamika interpretasi yang biasa dalam wacana intelektual dan demokrasi dalam kehidupan Racana dan Gerakan Pramuka pada umumnya.
SEJARAH RACANA
RPSPR lahir dari keinginan dan kecintaan yang mendalam terhadap kepramukaan yang dituangkan dalam sebuah gagasan untuk membentuk sebuah perkumpulan atau unit kegiatan mahasiswa, yaitu sebuah gugus depan yang berpangkalan di STMIK SZ NW Anjani. Maka dilaksanakanlah usaha-usaha perintisan pada bulan Mei tahun 2007 oleh team inisiator dengan menghimpun mahasiswa yang memiliki bakat dan minat serta ingin aktif dalam kepramukaan sebagai wahana menambah wawasan, peningkatan kafasitas dan intlektualitas yang berdasarkan pada tri dharma perguruan tinngi, try satya dan dasa dharma. Adapun jumlah team inisiator yang menginisiasi terbentuknya perkukmpulan ini berjumlah 20 orang. Dengan anggota yang sebanyak ini dilakukanlah berbagai terobosan untuk legalitas dari perkumpulan ini.
Usaha tersebut dilanjutkan dengan mengajukan rumusan pendirian unit kegiatan mahasiswa ( UKM ) pramuka kepada pihak rektorat. Kemudian pada bulan juni tahun 2007 oleh pihak rektorat menyutujui pengajuan terbentuknya unit kegiatan mahasisa ( ukm ) pramuaka karena dipandang perlu dan sangat dibutuhkan mahasiswa sebagai wahan penyaluran bakat dan minat dan pengembangan kreatifitas mahasiswa sehingga kedepan bisa diandalkan, dengan mengeluarkan surat keputusan dan melantik pengurus perdananya yang beranggotakan 20 orang tersebut sekaligus peresmian nama dari racana ini yakni racana putra selaparang-putri rinjani yang merupakan sebuah penghormatan dan ta`zim kepada dua tokoh yang ternama di bumi selaparang ini. Adapun pelantikan dan peresmian tersebut langsung dikukuhkan oleh ketua sekolah tinggi manajemen informatika dan komputer ( STMIK ) Syaikh zainuddin nw anjani lotim yaitu bapak Drs. H. M. Mugni Sn., SS.,SH.,M.Pd sekaligus pembina dan penaggung jawab gerakan pramuka di lingkup Pontren Syaikh Zainuddin NW Anjani.
            Dengan legalitas yang dikantongi oleh UKM ini, maka mulailah diadakan berbagi langka-langkah penghimpunan anggota untuk mendukung eksistensi dari ukm ini yang merupakan kegiatan ekstra kampus yang banyak diminati dan digemari oleh insan kampus dalam hal ini mahasiswa dan mahasiswi.
Demikian secara umum profil singkat dari Racana putra selaparang-putri rinjani yang berpangklan dikampus STMIK SZ NW Anjani LOTIM.
Sekretariat Racana:
  • Base camp Racana
  • Samping studio radio dewi anjani
  • Jl. Mataram labuan lombok anjani kec suralaga
  • Hp 081803611198
  • Website: http://www.racanasyaikhzainuddin.com
  • Grup FB: racana stmik
  • racana_stmik@yahoo.com
Proram kerja ( PROKER )
Þ      MASA ORIENTASI TAMU RACANA ( MORSITARA ) 
Þ      MUSYAWARAH PANDEGA ( MUSDEGA )
Þ      ANJANGSANA KEPERGURUAN TINGGI LAIN
Þ      KEMAH SHILATURRAHMI DAN LOMBA PENJELAJAHAN PENGGALANG-PENEGAK ( KSLP3 ) SE-LOMBOK
Þ       
Þ      MENJADI INSTRUKTUR DI SEKOLAH DAN MADRASAH
Þ      HEKING, CAMPING DAN RENUNGAN ALAM
Þ      LOKETPRAM STMIK
Þ      LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN
Þ      SEKOLAH POLISI, PANJAT TEBING & REPLING
Þ      KONSULTASI BERSAMA APARAT DAN TNI
Þ      TRAPO ( TRAINING PENGELOLAAN OSIS ) SE-LOTIM
Þ      FJD ( FOCUSSED GROUP DISCUSSION )
Þ      TRAPI ( TRAINING PEMBENTUKAN ORGANISASI )
Þ      HEARING KE DINAS PAMONG SAKA
Þ      AFTER TRAINING SUPPORT ( ATS )
Þ      TRAINING MINGGUAN DAN BULANAN
Þ      KEMAH BAKTI DAN DAKWAH ( KBSD )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar